Skip to main content

Belajar IoT - Menyalakan dan Mematikan Lampu Via Internet Menggunakan AgnosThings dan ESP8266

loading...
Internet of Things kian marak. Perangkat IoT yang murah meriah dan canggih sudah banyak dan akan terus bermunculan. Berbagai layanan platform IoT pun semakin berkembang dan saling berkompetisi. Ekosistem yang semakin meluas ini berdampak pada membludaknya jumlah penggiat IoT untuk membuat berbagai kreasi. Vision Mobile dalam salah satu reportnya menyebutkan bahwa pada hingga penghujung tahun 2015 ada sekitar 4,5 juta individu developer aktif di seluruh dunia yang mengembangkan perangkat IoT.

Pada tutorial ini, Saya akan menunjukkan satu kasus implementasi IoT yang dapat Kamu coba dengan tingkat kesulitan yang rendah dan budget yang ekonomis. Skenarionya adalah membuat perangkat yang dapat menyalakan dan mematikan lampu melalui komputer atau handphone yang terhubung ke internet. Kalo Kamu belum punya gambaran tentang IoT atau Internet of Things, Kamu bisa baca ulasan tentang gambaran umum IoT pada artikel Penjelasan Sederhana mengenai Internet of Things atau CodePolitan Magazine edisi Internet of Things.


Untuk dapat mengikuti tutorial ini, Kamu harus mempersiapkan beberapa perangkat berikut:

    Wemos D1 Mini
    Board ini adalah board wifi kecil berbasis ESP8266. ESP8266 dikenal sebagai modul WiFi yang handal, ekonomis dan komunitas yang besar. ESP8266 inilah yang akan menghubungkan perangkat kita dengan internet via WiFi. Ada banyak varian prototype board berbasis ESP8266, seperti NodeMCU, Adafruit HUZZAH ESP8266, ESPDuino, SparkFun ESP8266 Thing, dan Wemos. Kita sebenarnya bisa langsung memprogram ESP8266 langsung tanpa menggunakan yang breakout board. Tapi kali ini saya menggunakan Wemos D1 Mini karena board ini adalah yang paling murah dan mudah didapatkan dibanding board sejenisnya. Selain itu board ini sudah dilengkapi dengan onboard microUSB dan Serial driver sehingga tidak perlu lagi USB to TTL atau FTDI adapter. Cocok untuk belajar.

Board Wemos D1 Mini

    Relay module

Modul ini berfungsi sebagai sakelar digital untuk lampu yang on-offnya akan kita kendalikan menggunakan ESP8266 board.


Modul relay

    Breadboard
    Kabel jumper
    Set lampu

    Rangkaian lampu lengkap dengan dudukan lampu, kabel dan stekernya. Perhatikan bahwa bagian tengah dari salah satu line kabelnya kita putus untuk nantinya dihubungkan ke relay.
    Rangkaian lampu. Potong salah satu jalur kabelnya untuk nanti dihubungkan ke relay

Selain perangkat-perangkat di atas, Kamu akan memerlukan Wifi Access Pointyang terhubung ke internet. Access Point ini yang nantinya akan digunakan oleh ESP8266 untuk terkoneksi ke internet. Kamu bisa menggunakan jaringan Wifi rumah kalo punya, sekolah, kantor atau melalui tethering hotspot dari smartphone atau wireless router. Selain itu, Kamu juga bakal memerlukan beberapa alat seperti obeng dan gunting.
Install Hardware Package ESP8266

ESP8266 dapat diprogram dengan Arduino IDE. Untuk itu kita akan menginstal terlebih dahulu hardware package untuk ESP8266 pada Arduino IDE. Ada dua jalan untuk itu, yakni melalui board manager pada Arduino IDE, atau mengunduh source code atau git clone dari repo Github. Saya asumsikan Kamu sudah menginstal Arduino IDE di komputermu. Dan untuk menggunakan ESP8266 disarankan untuk menggunakan Arduino IDE v1.6.7 ke atas. Kalo Kamu belum menginstal Arduino IDE, unduh terlebih dahulu installernya di sini lalu jalankan untuk menginstal di komputermu. Setelah itu ikuti salah satu langkah di bawah ini untuk menginstal hardware package untuk ESP8266.

    Via Board Manager
        Jalankan Arduino IDE
        Pilih menu File > Preferences
        Pada kolom "Additional Boards Manager URLs", isikan tautan berikut:
        http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json
        Kalo kolom Boards Manager sudah ada isinya sebelumnya, pisahkan dengan koma.
        Pilih menu Tools > Board: > Boards Manager..., akan muncul jendela Boards Manager. Pilih "esp8266 by ESP8266 Community" lalu klik tombol install di sebelah kanan bawahnya.

    Via Git
        Masuk ke folder Sketchbook location untuk Arduino IDE. Lokasi Sketchbook location dapat dilihat pada menu File > Preferences, pada jendela Preferences bagian atas.
        Buat folder hardware/esp8266com/ lalu masuk ke dalam folder tersebut.
        Di dalam folder hardware/esp8266com/ clone repository ESP8266 dengan perintah berikut: git clone --depth=1 https://github.com/esp8266/Arduino.git esp8266
        Unduh binary tools untuk ESP8266. (Untuk tahap ini kita akan menjalankan script python, maka komputermu harus terisntall python 2.7 ke atas). Masuk ke folder esp8266/tools/ lalu jalankan perintah berikut:
        python get.py
        Restart Arduino IDE

Merangkai Alat

Rangkai semua perangkat menjadi seperti bagan berikut:

Hubungkan 5V pada Wemos ke VCC relay, GND ke GND dan pin D1 ke pin input signal pada relay.

Perhatian: karena kita bermain dengan listrik AC bertegangan tinggi, maka pastikan Kamu memasang kabel ke steker dan dudukan lampu dengan rapi, dan masukkan kedua ujung kabel ke relay dengan rapi agar tidak tersentuh saat arus tertutup.


Hubungkan kabel listrik ke port C dan NO. Pastikan serabut kabel masuk dengan rapi agar aman dan tidak tersentuh.

Pada umumnya ada 3 port pada relay, yang diberi simbol C, NC dan NO. C singkatan dari Common Connection, NC singkatan dari Normally Closed dan NO singkatan dari Normally Opened. Jadi bila kita menghubungkan kedua ujung kabel ke C dan NC, maka rangkaian listrik akan tertutup pada awalnya, dan bila dihubungkan ke C dan NO, maka rangkaian listrik akan terbuka. Kita akan gunakan C dan NO agar lampu tidak menyala saat pertama kali listrik dihubungkan.
Membuat Project di AgnosThings

Sebenarnya ESP8266 dapat berlaku sebagai Access Point, sehingga perangkat lain seperti komputer dan smartphone dapat terhubung langsung ke ESP8266 dan mengirimkan sinyal perintah tertentu. Namun bila skenarionya demikian, maka kita hanya bisa mengontrol ESP8266 dalam jarak yang terbatas. Pada tutorial kali ini kita akan memanfaatkan salahsatu platform IoT yakni AgnosThingsyang akan kita gunakan untuk menyimpan nilai untuk mengindikasikan lampu menyala dan mati. Nantinya perangkat Wemos kita akan kita hubungkan ke internet dan mengambil nilai dari server AgnosThings untuk menentukan apakah lampu harus menyala atau mati.

Pertama-tama mauk terlebih dahulu ke website AgnosThings di http://agnosthings.com kemudian registrasi. Setelah proses registrasi selesai, login dengan akun yang sudah Kamu buat melalui halaman login. Kamu akan diarahkan ke halaman dashboard AgnosThings.

Sekarang kita akan membuat project di AgnosThings. Project yang kita buat akan menyimpan data yang kita simpan untuk kebutuhan proyek IoT kita. Pilih menu untuk membuat Project/Channel baru. Kamu akan diarahkan ke halaman form untuk membuat project. Isi setiap field form seperti pada gambar di bawah ini. Bagian paling penting adalah kolom Field(s). Kolom ini berisi field apa saja yang akan disimpan datanya. Karena tutorial kita hanya memerlukan pengecekan satu nilai saja --lampu menyala atau mati, maka kita hanya akan mengisi kolom ini dengan satu field bernama 'switch'.

Form untuk membuat project baru di AgnosThings

Daftar project/channel dapat diakses melalui menu Channel List. Setiap project/channel akan memiliki setidaknya tiga halaman fitur yang bisa diamati: Info, Raw Data dan Chart. Halaman Info berisi informasi seputar project kita beserta daftar API yang dapat kita gunakan untuk menyimpan dan mengambil data dari server. Halaman Raw Data menampilkan tabel berisi data yang sudah tersimpan di server. Halaman Chart menampilkan grafik data yang sudah tersimpan di server dari mulai data pertama hingga data terakhir yang masuk.

Setiap project memiliki ID dan GUID yang akan digunakan pada API.

Pada halaman Info, ditampilkan beberapa data project

Coba masuk ke halaman Info dan perhatikan bagian Channel API. Salin URL API yang berlabel 'Sending data to channel' dan panggil pada browser lain. Atau Kamu dapat menggunakan aplikasi seperti Postmanuntuk memanggil API tersebut. Kamu dapat mengganti tag {value} pada URL API dengan nilai yang ingin disimpan. Karena kita hanya akan menyalakan dan mematikan lampu, maka kita hanya perlu menyimpan nilai 0 dan 1.

Contoh pemanggilan API menggunakan aplikasi Postman

Kamu dapat mengecek data yang sudah masuk pada halaman Raw Data dan Chart.

Kamu juga dapat memanggil data yang sudah tersimpan dengan menggunakan URL API yang ada di bawah label 'Getting data back from channel' pada halaman Info. Kamu dapat mencoba berbagai API yang tersedia dan melihat hasilnya.

Contoh pemanggilan data dari AgnosThings. Data dikembalikan dalam format JSON
Menuliskan Kode

Kita sudah mendapatkan API untuk mengambil data dari server AgnosThings. Sekarang kita akan gunakan pada program ESP8266.

Buka Arduino IDE dan hubungkan board Wemos D1 Mini ke komputer menggunakan kabel MicroUSB.

Pada menu Tools > Board:, pilih WeMos D1 R2 & mini.SetCPU Frequencyke 80MHz. Pilih Flash Size ke 4M (1M SPIFFS). Pilih Upload Speed ke 115200. Terakhir set Port ke port USB dimana WeMos terhubung.

Setelah itu tuliskan kode program berikut:

#include <ESP8266WiFiMulti.h>
#include <ESP8266HTTPClient.h>

ESP8266WiFiMulti WiFiMulti;
void setup()
{
    Serial.begin(115200);

    // set Wifi SSID dan passwordnya
    WiFiMulti.addAP("SSID", "Password");
}

void loop()
{
    // tunggu koneksi Wifi
    if((WiFiMulti.run() == WL_CONNECTED))
    {
        HTTPClient http;

        // ganti dengan URL API Last Feed punyamu sendiri
        http.begin("http://agnosthings.com/xxxxxxxx-xxxx-xxxx-xxxx-xxxxxxxxxxxx/field/last/feed/xx/switch");

        // mulai koneksi dan ambil HTTP Header
        int httpCode = http.GET();

        // httpCode akan bernilai negatif bila error
        if(httpCode > 0)
        {
            // cetak httpCode ke Serial
            Serial.printf("[HTTP] GET... code: %d\n", httpCode);

            // bila nilai dari server diterima
            if(httpCode == HTTP_CODE_OK)
            {
                // cetak string json dari server
                String json = http.getString();
                Serial.println(json);
            }

        } else {
            Serial.printf("[HTTP] GET... failed, error: %s\n", http.errorToString(httpCode).c_str());
        }
        // tutup koneksi HTTP
        http.end();
    }

    delay(5000);
}


Penjelasan program:

Kita menggunakan dua library milik ESP8266, yakni ESP8266WiFiMulti untuk terkoneksi dengan jaringan WiFi, dan ESP8266HTTPClient untuk mengakses halaman HTTP. Pada fungi setup(), set parameter addApp() dengan SSID dan password jaringan WiFi yang ingin digunakan untuk terhubung ke Internet. Pada fungsi loop(), set parameter fungsi http.begin() dengan URL API project AgnosThings Kamu. API yang digunakan adalah API untuk mengambil data terakhir (last feed). Apabila koneksi berhasil dan server mengirimkan respon, respon server akan kita ambil dengan fungsi http.getString(). Value dari respon ini adalah string json dari value terakhir. Di akhir program, kita memanggil fungsi delay(5000) agar program mengulang memanggil API setelah jeda 5 detik. Kamu dapat mengeset waktu tunggu ini lebih cepat atau lebih lambat tergantung kebutuhan nantinya.

Upload kode program Kamu kemudian setelah proses upload selesai, buka jendela Serial Monitor melalui menu Tools > Serial Monitor. Bila programmu benar, mestinya WeMos akan mencetak data seperti pada gambar berikut:

Sembari program jalan dan terus mengecek API setiap 5 detik, coba Kamu perbaharui valuenya menggunakan API untuk mengirim data. Ubah value switch dari 1 menjadi 0, kemudian update lagi menjadi 1, dan mestinya data terakhir yang diterima oleh program kita pun berubah sesuai dengan data terakhir yang sudah kita update ke server.
Menyalakan dan Mematikan Lampu

Kita sudah bisa memanggil data switch kita dari server AgnosThings. Sampai sini kita masih belum bisa menyalakan dan mematikan lampu. Kita hanya perlu menambahkan pengecekan value jsonnya. Bila valuenya {"value":"1","code":200} maka kita nyalakan lampu dan bila valuenya {"value":"0","code":200} kita matikan lampu.

#include <ESP8266WiFiMulti.h>
#include <ESP8266HTTPClient.h>

ESP8266WiFiMulti WiFiMulti;

// set variabel pin untuk lampu
int lamp = LED_BUILTIN;

void setup()
{
    Serial.begin(115200);

    // set Wifi SSID dan passwordnya
    WiFiMulti.addAP("SSID", "Password");

    // set pin mode ke output
    pinMode(lamp, OUTPUT);
}

void loop()
{
    // tunggu koneksi Wifi
    if((WiFiMulti.run() == WL_CONNECTED))
    {
        HTTPClient http;

        // ganti dengan URL API Last Feed punyamu sendiri
        http.begin("http://agnosthings.com/xxxxxxxx-xxxx-xxxx-xxxx-xxxxxxxxxxxx/field/last/feed/xx/switch");

        // mulai koneksi dan ambil HTTP Header
        int httpCode = http.GET();

        // httpCode akan bernilai negatif bila error
        if(httpCode > 0)
        {
            // cetak httpCode ke Serial
            Serial.printf("[HTTP] GET... code: %d\n", httpCode);

            // bila nilai dari server diterima
            if(httpCode == HTTP_CODE_OK)
            {
                // cetak string json dari server
                String json = http.getString();
                Serial.println(json);

                // cek value json
                if(json == "{\"value\":\"1\",\"code\":200}"){
                    // set ke LOW untuk menyalakan
                    digitalWrite(lamp, LOW);
                } else {
                    // set ke HIGH untuk mematikan
                    digitalWrite(lamp, HIGH);
                }
            }

        } else {
            Serial.printf("[HTTP] GET... failed, error: %s\n", http.errorToString(httpCode).c_str());
        }
        // tutup koneksi HTTP
        http.end();
    }

    delay(5000);
}

Penjelasan program:

Sebelum fungsi setup(), kita deklarasikan variable ingeger lamp untuk menyimpan nomor pin yang akan kita gunakan untuk menyalakan dan mematikan lampu. Saya set variabel ini dengan LED_BUILTIN yakni nomor pin LED yang ada pada onboard ESP8266 agar kita mudah dalam proses pengecekan. Bila program sudah berfungsi dengan baik, maka kita bisa kemudian mengubah nilai variabel ini menjadi D1 seperti pada bagan rangkaian pada step 4.
Pada fungsi setup() kita set pin mode untuk variabel lamp ke mode OUTPUT. dan pada fungsi loop(), setelah kode Serial.println(json);, kita menambahkan kode untuk mengecek nilai json yang nantinya digunakan untuk mengeset nilai digital pin lamp.

Upload program dan tes dengan mengupdate nilai switch menggunakan API update value. Bila Kamu set value ke 1 dan LED menyala, begitu juga bila value diset ke 0 dan LED mati, berarti program Kamu selesaaaai! :D
Langkah Terakhir

Pastikan rangkaian lampu sudah terhubung dengan relay dan pin D1 pada WeMos terhubung ke pin input signal relay. Kemudian update baris kode int lamp = LED_BUILTIN; menjadi int lamp = D1;. Kemudian Upload lagi programmmu. Apakah lampu besarmu menyala dan mati sesuai harapan?? :D

Kamu dapat bergabung dengan komunitas programmer ESP8266 di websitenya www.esp8266.com untuk berkomunikasi, berdiskusi dan mencari ide IoT lainnya menggunakan board ESP8266. ESP8266 hingga detik ini sudah dapat diprogram dengan menggunakan bahasa pemrograman C, Arduino, Lua dan MicroPython. Kedepannya kemungkinan besar perangkat ini akan menjadi perangkat yang paling banyak digunakan karena harganya yang sangat ekonomis dan juga mudah didapatkan.

Dan buat Kamu yang menyukai tantangan dalam belajar atau berkreasi. Kamu juga bisa mengikuti dua tantangan dari XL Axiata untuk membuat karya IoT, yaitu AgnosThings Savvy Home IOT Challenges dan AgnosThings Smart Power Monitoring IOT Challenges. Tentunya akan ada hadiah bagi kamu yang berhasil memenangkannya.
loading...

Comments

POSTINGAN POPULER

Biodata Lengkap Ceng Zam-Zam

 Asalamualaikum,. Hallo Sazam comunity dan para sobat-sobat ku, Sekarang saya mau menulis nieh beberapa Info dan Biodata Ceng zamzam, "Lupa sama temen tuh hal biasa, tapi kalo Lupa sama Ceng zamzam Mana Bisa?" bner gak? hhe.. jangan lupa yah mampir terus ke blog ini.. ya sudahlah Ayo kita Lihat-Lihat Nieh biodata dan Info tentang Ceng Zamzam   Nama Lengkap : Ahmad Zamzam Zainal Mutaqin  Nama Panggilan : Ceng zamzam Atau Azam  Kelas : 10 berinjak ke 11  Anak ke : 1 dari 3 bersaudara Hoby : Mengaji, Olahraga, dll Cita-Cita : Dokter atau Ilmuan T,T,L : Garut,05-Desember-1995 No HP : (0......) Nama Fb : Ceng Zamzam N.twitter : @Ceng Zamzam Alamat    :Kp.Babakan sukaluyu                  Desa.suka Mukti Rt/04 Rw/04                  Kec.Cilawu,Garut-Jawa barat,Indonesia N.pesantren Ceng Zamzam : Madrasah Ashidiqiyyah Prestasi Ceng zamzam : 1.Tahun 2008    Juara I Tilawah Anak-Anak Tingkat NASIONAL Pada FASI (Festival Anak Sholeh)_Di Bekasi 2.Tahun 2009

Sistem Monitoring Dan Pengendalian Beban Daya Listrik Solar Home System (SHS) Menggunakan Mikrokontroler VIA Internet Of Things (IOT)

Pada bab ini akan dijelaskan tentang perancangan system monitoring dan pengendali beban solar home system (SHS) atau pembangkit listrik tenaga surya untuk perumahan. Fungsi dari sistem pengontrolan dan monitoring pada SHS ini yaitu untuk mempermudah pengguna dalam mengatur konsumsi daya yang digunakan sehingga pengguna dapat memaksimalkan pemakaian SHS. Blok diagram merupakan gambaran dasar dari sistem yang akan dirancang. Blok diagram ini dibuat agar mempermudah memahami cara kerja dari sistem yang telah dibuat. Gambar  1. Blok Diagram Sistem Monitoring dan Kontrol SHS     Garis yang berwarna merah merupakan system kerja dari solar home sytem, sedangkan garis yang berwarna biru merupakan alur sistem control dan monitoring SHS. Secara sederhana cara kerja dari solar home system ini adalah sebagai berikut:  1. Panel Surya Panel surya akan mengubah sinar matahari yang mengenai setiap sel surya menjadi arus dan tegangan, namun nilainya tidak konstan. Besar kecil

SAKADANG PEUCANG JEUNG BUAYA

Sakadang Buhaya keur moyan di sisi walungan. Jol sakadang Peucang. “Rék naon Sakdang Peucang ka dieu? Rék maling cai, nya? Di leuweung euweuh cai. Da halodo banget.” Jawab Peucang, “Kuring mah tara nginum deui cai walungan. Komo ayeuna keur saat. Nya teu ngeunah nya loading... kiruh. Ayeuna mah nginum téh cai kalapa. Nya beresih nya ngeunah. Amis.” “Rék naon atuh kadieu?” cék Buhaya. Omong Peucang, “Tadina mah rék ngalalajoan kulit sampéan. Resep ting gareret, hérang. Komo mun katojo ku panonpoé. Euweuh baé nu kulitna alus saperti kulit sampéan. Ngan geuning bet kotor. Pinuh ku leutak.” Omong Buhaya, “Walungan saat. Kuring teu bisa teuteuleuman pikeun meresihan tonggong.” “Emh, lebar. Kulit saalus-alus jadi kotor. Kumaha mun diberesihan ku kuring” ceuk Peucang. “Nya sukur baé ari daek mah,” jawab Buhaya, “kumaha caranya?”, ceuk Buhaya keneh “Kulit tonggong sampéan dikumbah ku kuring. Tapi caina kudu anu beresih. Tuh di tengah!, ceuk Peucang “Pek atuh. G

Bagaimana Cara Membuat CNC dengan menggunakan Arduino

Membuat CNC dengan menggunakan Arduino Proyek ini adalah tentang Bagaimana membuat mesin CNC mini dari OLD SCRAP DVD Drives menggunakan Arduino sebagai otak dari mesin CNC mini ini dan L293D Motor shield digunakan sebagai driver penggerak motor itu sendiri. Sangat menakjubkan melihat bagaimana mesin kecil ini menggambar gambar dengan sangat baik dengan akurasi yang baik. Pada dasarnya semua gambar yang ingin Anda gambar dengan mesin ini perlu dikonversi dalam file Gcode menggunakan INKSCAPE SOFTWARE. aliran Gcode ini pada arduino melalui pemrosesan program GCTRL. dan L293D Perisai motor sesuai dengan instruksi motor stepper cara memindahkan, menggabungkan dan menyinkronkan gerakan steppers berakhir dengan gambar yang bagus. Mesin ini memiliki dua sumbu X-AXIS & Y-AXIS. Sumbu X adalah merencanakan, kertas ditempatkan pada sumbu X. Sumbu Y memegang pulpen. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar ilustrasi di bawah ini!!! Untuk lebi

PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA

MODUL 4 PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA I. TUJUAN Mahasiswa mampu menyusun filter digital dan melakukan pemfilteran pada sinyal wicara II.DASAR TEORI 2.1. Filter IIR Yang perlu diingat disini bahwa infinite inpulse response (IIR) dalam hal ini bukan berarti filter yang bekerja dari nilai negatif tak hingga sampai positif tak hingga.Pengertian sederhana untuk infinite impulse respon filter disini adalah bahwa output filtermerupakan fungsi dari kondisi input sekarang, input sebelumnya dan output di waktu sebelumnya. Konsep ini kemudian lebih kita kenal sebagai recursive filter , yang manamelibatkan proses feedback dan feed forward . Dalam bentuk persamaan beda yangmenghubungkan input dengan output dinyatakan seperti persmaaan (1) berikut ini.      …… (1) dimana: - { b k } koefisien feed forward - { a l } koefisien feed back - banyaknya (total koefisien) = M+N+1 - N ditetapkan sebagai orde filter IIR Untuk merealisasikan ke dalam sebua

Ebook Gratis Pengolahan Citra

PRINSIP KERJA GENERATOR BESERTA KONSTRUKSI SISTEMNYA

Berikut ini merupakan pembahasan tentang generator, pengertian generator, generator arus bolak balik, generator arus searah, pengertian alternator, macam-macam generator, jenis-jenis generator, cara kerja generator listrik, cara kerja mesin genset, cara kerja generator ac, prinsip kerja generator dc, prinsip kerja generator ac. Pengertian Generator Alat-alat elektronika, seperti televisi, setrika, radio, lemari es, dan lampu memerlukan energi listrik dapat bekerja. Nah, listrik dihasilkan oleh mesin pembangkit listrik yang dinamakan generator (genset) atau dinamo. Apakah generator itu? Generator adalah mesin yang mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi listrik. Generator menghasilkan arus listrik induksi dengan cara memutar kumparan di antara celah kutub utara-selatan sebuah magnet. Jika kumparan diputar, jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan akan berubah-ubah sesuai dengan posisi kumparan terhadap magnet. Perubahan jumlah garis ga

CONTO DONGENG SASAKALA

Conto dongeng sasakala Di handap ieu aya sababaraha rupa conto dongeng sasakala di Bahasa sunda. Pek kuhidep klik link di handap ieu sangkan bisa maca carita dina tiap-tiap judul: 1.        Sasakala Gunung Tangkuban Parahu 2.          SasakalaSitu Bagendit 3.          Sasakala Talaga Warna 4.          Sasakala Gunung Gajah 5.        Sasakala Ratna Inten Déwata 6.          Sasakala Cika-Cika Di Cianjur 7.          Sasakala Hayam Pelung 8.          Sasakala Kuda Kosong 9.          Sasakala Béas Pandanwangi 10.      Sasakala Lembur Sabadar 11.      Sasakala Kampung Sodong 12.      Sasakala Leuwi Batok jeung Asal-Usul Cianjur 13.    Sasakala Ciguriang, 14.      Sasakala Cikalong 15.      Sasakala Gunteng, 16.      Sasakala Pasir Panglay, 17.      Sasakala Hegar Manah 18.    Sasakala Gang Laksana 19.    Sasakala Kampung Samolo 20.    Sasakala Kampung Warung Jambu 21.    Sasakala Rancagoong 22.      Sasakala Lembur Cimaja,

soal-soal beserta jawaban teknik tenaga listrik UNIKOM

SOAL SOAL  TRANSMISI: 1.   Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi, Jelaskan alasan2nya. Jawab: Beberapa alasan Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi , yaitu: a.   Bila tegangan dibuat tinggi maka arus listriknya menjadi kecil. b.   Dengan arus listrik yang kecil maka ener gi yang hilang pada kawat transmisi (energi     disipasi) juga kecil. c.    J uga dengan arus kecil cukup digunakan    kawat berpenampang relatif lebih kecil, sehingga lebih ekonomis. 2.   Sebutkan komponen utama saluran transmisi. (minimal 4 buah) Jawab:     Komponen-komponen utama : a.   Menara/tiang Transmisi b.   Isolator c.    Kawat Penghantar (Conductor) d.   Kawat Tanah (Ground wire) 3.   Sebutkan kelebihan dan kekurangan Saluran Udara (Overhead Lines) dibanding Saluran Kabel Tanah (Underground Cable). Jawab: Berdasarkan pemasangannya, saluran transmisi dibagi menjadi dua katego

Membuat WIFi Control Arduino Robot Car

Membuat Wifi Control Arduino Robot car NodeMCU ESP8266 dalam mode access point: cara termudah untuk membuat Mobil Robot yang Dikendalikan Wi-Fi dari Bluetooth Arduino Robot Car + Android App. Sebelum anda membuat robot tersebut pertama yang harus anda persipkan adalah 1.       NodeMCU ESP8266 Breakout Board 2.       Arduino UNO dan Genuin UNO 3.       Breadboard generic 4.       Driver motor 5.       Chasis robot 6.       LED 7.       Resistor 221 ohm 8.       Kabel jumper 9.       Batu baterai Dalam proyek saya Smartphone Controlled Arduino 4WD Robot Car Saya mempresentasikan mobil robot Arduino 4WD yang dikontrol smartphone atau robot Bluetooth Arduino . Kemudian saya memutuskan untuk membuat mobil robot yang dikendalikan Wi-Fi dari kamera yang dikontrol Bluetooth. Untuk tujuan ini saya hanya melepas modul Bluetooth dan menambahkan NodeMCU dengan koneksi kawat yang sama (App Andriod yang sesuai sudah dibuat). Dibawah ini ada beberapa blok diagr