loading...
ORGANIK MODELING
1. PENGATURAN BACKGROUND
IMAGE
Pertama kita delete default cube yang ada, dengan klik
"x" atau tombol "delete" pada keyboard
lalu kita ganti view nya menjadi front ortho atau klik " 1 lalu klik 5 pada numpad ".
Untuk memunculkan tab Transform yang ada di sebelah kanan klik N pada keyboard.lalu scroll ke bawah
dan cari option background image
1.
ceklist kotak yang ada pada
option background image lalu klik segitiga hitam yang ada disebelah kiri
tulisan background image agar option selanjutnya muncul.
2.
klik " add image "
untuk menambahkan background image yang akan di jadikan acuan kerja
3. lalu klik open untuk mencari lokasi background image yang akan
dipakai.
1.
cari letak file "
banana" yang telah disediakan
2.
lalu klik open image
gambar pisang yang akan
kita jadikan referensi sekarang telah muncul pada viewport
3. MODELING PISANG
1.
Langkah pertama kita tambahkan
objek baru dengan cara klik add atau
menggunakan shortcut shift+a pada keyboard, lalu pilih mesh kemudian pilih cylinder
2. dalam posisi cylinder baru ditambahkan kita menuju toolbar atau tab
disebelah kiri ada option add cylinder
3.
ganti nilai vertices yang
default 32 menjadi 5 (mengikuti sudut yang ada pada
pisang) lalu di pilihan n-gon kita ganti jadi triangle fan .
setelah
pengaturan sisi cylinder telah di ganti , langkah selanjutnya adalah masuk ke
tahapan edit mode.
1.
Klik edit mode atau menggunakan
shortcut "TAB" pada
keyboard
2.
disebelah tombol editmode
,ganti viewport shading menjadi wireframe atau menggunakan shortcut "Z"
3.
putar objek cylinder
menggunakan manipulator rotate atau bisa juga menggunakan shortcut R
4.
hilangkan seleksi menggunakan
shortcut " A" pada
keyboard lalu seleksi bagian ujung cylinder menggunakan border selection menggunakan shortcut " B " pada keyboard
5.
tarik bagian yang terseleksi
tadi hingga posisinya sama dengan gambar referensi , lalu scale untuk
meperkecil diameternya dengan manipulator scale atau shortcut "S"
pada keyboard.
6.
extrude bagian ujung cylinder
menggunakan shortcut extrude yaitu "E"
pada keyboard sampai bagian ujung pisang pada gambar referensi, lalu scale dengan
manipulator scale atau shortcut "S" pada keyboard.
7.
hilangkan seleksi menggunakan
shortcut " A" pada
keyboard lalu seleksi bagian ujung cylinder yang lain menggunakan border selection menggunakan shortcut
" B " pada keyboard.
8.
putar objek cylinder
menggunakan manipulator rotate atau bisa juga menggunakan shortcut R.
9.
extrude bagian yang terseleksi
menggunakan tombol extrude pada toolbar atau shortcut extrude yaitu "E" pada keyboard, extrude 2 kali
sampai bagian ujung pisang pada gambar referensi, lalu scale dengan manipulator
scale atau shortcut "S" pada keyboard
10.
tambahkan segmen menggunakan
tombol loop cut and slide di tab toolbar , atau menggunakan shortcut " CTRL +R" pda keyboard.
11.
geser posisi loopcut sehingga
sesuai dengan gambar referensi
12.
lakukan hal yang sama seperti
pada langkah selanjutnya yaitu menambahkan segmen baru dengan loopcut and slide
lalu geser hingga sesuai dengan gambar referensi
13.
hilangkan seleksi menggunakan
shortcut " A" pada
keyboard lalu seleksi bagian ujung cylinder menggunakan border selection yaitu dengan shortcut " B " pada keyboard
14.
extrude bagian ujung mengikuti
gambar referensi dan terakhir di paling ujung kita rotasi menggunakan
manipulator rotate atau R pada
keyboard
15.
putar view lalu cek model pisang yang telah
kita buat .
16.
setelah kita cek model pisang
yang telah kita buat, sekarang kita akan menambahkan modifier subdivision
surfaces untuk membuat model lbih halus, tombolnya ada di option modifier lalu
pilih subdivision surface,lalu klik tombol smooth di toolbar agar permukaanya
lebih halus.
17.
langkah selanjutnya kita akan
membuat sisi pisang menjadi lebih runcing atu sharp
18.
untuk membuat profil sisi
pisang kiat perlu masuk edit mode lalu klik loopcut and slide atau CTRL + R kemudian geser sampai
mendekati sisi sisi pisang dan lakukan hal yang sama pada bagian yang lain
sampai hasil yang diinginkan
3. MEMBERIKAN
MATERIAL
1.
untuk memberikan warna atau
material, kita harus menuju tab material dengan icon bola kristal lalu klik new
1.
ganti nama material dengan nama
warna yang akan kita berikan contoh : kuning,
2.
ganti warna default yang
tadinya putih menjadi kuning
3.
seleksi bagian ujung pisang
mengunakan box selection atau klik B pada keyboard
1.
untuk menambahkan material lain
pada objek kita tinggal klik + yang ada pada kanan material
2.
ganti warnanya menjadi warna
yang akan kita berikan contoh : hijau
3.
assign material
tahapan modeling dan material telah selesai
loading...
Comments
Post a Comment