loading...
Nama : Agung Muhamad Mutaqin
NIM : 13114023
Kelas : TE 2014
1. Organisasi dibentuk karena ada kesamaan kepentingandan mempermudah mencapai tujuan. Apa maksud pernyataan tersebut?
Jawab:
Pernyataan
tersebut bermaksud jika organisasi memiliki struktur organisasi yang ideal dan
memiliki tujuan yang sama, maka pertumbuhan perusahaan dapat tumbuh dan
berkembang pesat dan dinamis, guna mendukung tercapainya Visi, misi, strategi
dan tujuan organisasi.
2.
Struktur organisasi terutama
ditentukan oleh: Tujuan, Misi dan Strategi Organisasi. Mengapa demikian?
Jelaskan!
Jawab:
Struktur
organisasi adalah susunan dan hubungan antara setiap bagian pada suatu
organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional tujuan yang
diharapkan. Pernyataan di atas berarti suatu perusahaan pertama-tama harus
memiliki tujuan yang jelas, visi usaha dan strategi organisasi demi menjalankan
organisasi atau perusahaan akar bergerak secara dinamis dan berkembang pesat.
3.
Mengapa tim-tim kerja di
perusahaan perlu dibentuk? Bagaimana cara mengembangkan tim-tim yang telah
dibentuk agar menjadi efektif?
Jawab:
Tim di
bentuk dalam sebuah perusahaan untuk mengemban misi dan tanggung jawab kolektif
ketika mereka bekerja sama atau untuk mencapai suatu tujuan. Agar berhasil,
kebutuhan tim harus dirancang dengan sangat hati-hati seperti semua bagian lain
dari struktur organisasi. Menetapkan ukuran dari tim adalah satu keputusan yang
paling penting. Untuk ukuran dari tiap tim, empat sampai enam orang biasanya
merupakan ukuran yang efektif.
4.
Mengapa perusahaan perlu
melakukan Merger? Mengapa Merger perusahaan dapat bersifat defensive atau
ofensif?
Jawab:
Suatu perusahaan perlu melakukan
merger demi memperkuat usaha dan cara cepat untuk mendapatkan hasil yang lebih
baik. Marger perusahaan dapat bersifat defensive dan ofensif karena itu
tergantung kembali kepada tujuan organisasi.
5.
Organisasi apa yang Anda
ikuti saat ini? Apa alasan Anda bergabung dengan organisasi tersebut?
Jawab:
Organisasi
yang saat ini saya ikuti adalah organisasi kemahasiswaan di UNIKOM. Nama
organisasi kemahasiswaan tersebut adalah LDK UMI. Alasan saya begabung dengan
organisasi tersebut adalah karena latar belakang dari organisasi tersebut
memiliki visi dan misi keislaman dan kebetulan saya adalah aktivis islam.
6.
Coba gambarkan struktur
organisasi Anda.
Jawab:
7.
Berikan contoh kegiatan yang
biasa dilakukan organisasi Anda. Bagaimana kerjasama tim didalamnya? Jelaskan
pembagian kerjanya.
Jawab:
Kegiatan
yang paling sering dilakukan oleh LDK UMI UNIKOM adalah kajian senin sore
(KUIS) dan kajian Fiqih yang diselengarakan setiap minggu sekali. Setiap
departemen memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Seperti DPU
bertugas untuk mengelola keseimbangan antara peserta dengan tajil yang
diberikan. Selain itu DPU juga bertanggungjawab atas sarana prasaran
penyelnggaraan kegiatan. Sedangkan Syiar bertugas untuk menyampaikan informasi
ke media sosial seperti facebook, instagram, dll.
8.
Di dalam melaksanakan suatu
kegiatan, tentu Anda melakukan beberapa pertemuan dengan tim Anda. Coba
jelaskan langkah-langkah pengambilan suatu keputusan di dalam tim Anda!
Jawab:
Misalkan
untuk mengambil keputusan penyelenggaraan KUIS yang akan diselenggarakan minggu
berikutnya. Organisasi kami mengadakan rapat seminggu sebelumnya untuk
menentukan judul, pengisi acara, tema yang sesuai dll. Dalam rapat tersebut
dirundingkan pengambilan judul dengan cara mengumpulkan saran dan masukan dari
setiap anggota yang mengikuti rapat. Dari setiap judul yang diajukan akan
ditulis oleh bendahara.
9.
Seandainya Anda menjadi
ketua organisasi kemahasiswaan, jelaskan wewenang apa saja yang akan Anda
delegasikan dan mengapa?
Jawab:
Jika saya
menjadi ketua organisasi kemahasiswaan, tentunya saya tidak menjadi seorang
provokator, karena bukan seperti fungsi ketua yang sebenarnya, mahasiswa jaman
sekarang kebanyakan salah mempresepsikan hal tersebut. Saya melakukan hal
tersebut karena ketua bukan provokator, jika ada mahasiswa tidak dengan sebuah
keputusan atau kebijakan dari kampus, tentunya kita harus memposisikan diri
sebagai seorang bagian dari universitas tersebut. Jadi kita harus memandang
secara objektif suatu masalah. Jika kita tidak setuju terhadap suatu hal, maka
kita harus terjadi kenapa hal tersebut terjadi, apa penyebabnya dan ciptakan
solusinya.
10. Jelaskan manfaat kerja sama tim yang Anda lakukan
bagi organisasi Anda dan bagi Anda pribadi!
Jawab:
Manfaat
bekerja sama adalah mampu menyelasaikan permasalahan yang tidak dapat dieselesaikan
oleh individual, mempermudah dan mempercepat untuk menyelesaikan masalah, dan
memperkecil resiko.
Untuk diri
pribadi saya sendiri manfaat bekerja sama dapat meningkatkan sikap toleransi,
saling mempercaiyai, sosialis, dan meningkatkan sikap saling tolong menolong.
11. Apa kelemahan tim Anda tersebut? Coba Analisis!
Jawab:
Kelemahan
dari tim saya adalah terletak dari individunya sendiri yang masih bersikap
individualis.
12. Jelaskan contoh kasus merger perusahaan yang saudara
ketahui!
Jawab:
Contohnya adalah
jenis marger vertical, yaitu marger yang dijalin antara perusahaan yang
berhubungan. Yaitu prabikan motor Honda dengan ban Federal. Mereka bekerja
sama, pengemasan ban Federal dibungkus dengan plastic yang bermerek Honda
Genuine Part.
13. Analisis keuntungan dan kerugian merger tersebut!
Jawab:
Kentungan
merger tersebut tentunya pihak dari Federal penjualannya akan meningkat karena
prabikan motor Honda dari dealer semuanya memakai ban Federal, kemudian
konsumen Federal juga akan bertambah dari konsumen yang menggunakan motor Honda
tersebut yang menggunakan Honda Genuine Parts.
Kerugiannya
adalah harga yang ditawarkan terhadap peruahaan merger tentunya akan lebih
murah dari harga pasar.
14. Apabila Anda seorang dierktur, bagaimana langkah
Anda agar suksesi di perusahaan Anda berjalan dengan baik?
Jawab:
Langkah
untuk mencapai suksesi tersebut adalah sebagai berikut:
a)
Sediakan waktu yang cukup untuk proses tersebut dengan
memulai dengan lebih awal.
b)
Perkirakan nilai perusahaan atau pekerjaan seorang
konsultan untuk melakukannya bagi anda.
c)
Evaluasi penerimaan suksesi yang potensial menurut
kelayakan mereka, bukan atas apakah mereka anda akan diri anda sendiri.
d)
Jika para anggota dipertimbangkan, pastikan memiliki
keahlian dan motivasi yang dibutuhkan untuk meneruskan bisnis tersebut.
e)
Sediakan suatu periode transisi agar penerima suksesi
dapat mempelajari bisnis tersebut.
f)
Perimbangkan pilihan-pilihan seperti employes stock
option plans (ESOP) untuk suksesi manajemen.
g)
Tetapkan tanggal untuk penyelesaian transisi dan tepati
tanggal tersebut.
15. Jelaskan karakteristik tim yang efektif dan beri
contoh aplikasinya.
Jawab:
Karakteristik
tim yang efektif adalah:
a)
Dirasa jelas tujuannya (clear sense of purpose)
Anggota tim
memahami dengan jelas tugas yang ada, apa yang diharapkan dari mereka dan peran
mereka masing-masing di tim. Contohnya seorang PR atau humas harus memahami apa
yang ia lakukan dalam sebuah tim.
b)
Komunikasi terbuka dan jujur (open and honest
communication).
Kultur tim
mendorong diskusi dan debat. Anggota tim berbicara secara terbuka dan jujur
tanpa ancaman, kemarahan atau ganti rugi/balas jasa. Mereka mendengarkan dan
menghargai umpan balik dari anggota tim lainnya. Sebagai hasilnya, semua
anggota tim berperan serta dalam kerja sama tim tersebut. Contohnya: disaat
seorangg PR atau humas memberikan pengertian kepada publik internal maupun
eksternal, sebaiknya seluruh staff ikut bekerja sama dalam menyampaikan
pengertian tersebut, baik kepada publik internal atau pun eksternal.
c)
Pemikiran kreatif (creative thingking)
Kerja sama
tim efektif mendorong pemikiran asli, mempertimbangkan opsi di luar yang umum.
Contohnya: Seorang PR atau Humas harus kreatif dalam melakukan hal-hal
inisiatif perusahaan.
d)
Fokus (focus)
e)
Anggota tim dapat langsung ke inti masalah dan tetap
focus pada hal-hal penting.
Contohnya:
seorang PR harus fokus terhadap masalah yang sedang diahadapi namun tidak boleh
melupakan hal-hal penting seperti selalu memberikan pelayanan yang baik
terhadap publik internal maupun eksternal.
f)
Keputusan oleh Konsesnsus (decision by consensus)
Semua keputusan yang dihasilkan berdasarkan
konsesus. Contohnya: perusahaan sebaiknya berkonsultasi terhadap PR apa
sebaiknya keputusan itu layak atau tidak untuk diterapkan. Jika tidak
ciptakanlah solusi atau kepusan secara bersamloading...
Comments
Post a Comment