Skip to main content

Jawabab Bab 16 Teknologi Informasi dan Cyber Cryme ( Entreprenership Menjadi Pebisnis Ulung)

loading...


Nama               : Agung Muhamad Mutaqin
NIM                : 13114023
Kelas               : TE 2014
1.      Penetrasi internet di berbagai belahan dunia telah menumbuhkan ruang platform baru seperti e-commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, dan berbagai kemajuan lain yang telah menerobos batas-batas fisik antar Negara. Jelaskan pengguna internet di planet bumi hingga tahun 2013!
Pengguna internet di planet bumi secara global berdasarkan populasi kawasan di tahun 2013 sebesar 39%, dengan sebaran yang menunjukkan di Negara-negara eropa sebesar 75%, Amerika 61%, Rusia 52%, Negara Negara Arab 38%, Asia Pasific 32% dan Afrika 16%.
2.      Bagaimana penguna internet di Indonesia hingga tahun 2013 bagaimana korelasinya terhadap pengguna media social ? prediksi pengguna internet di tahun tahun mendatang?
Perkembangan IT di Indonesia hingga tahun 2013 berdasarkan data BPS dapat ditunjukkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sudah mengakses Internet sebanyak 30,66%, jumlah penduduk yang memiliki computer sebanyak 14,85% dan jumlah penduduk yang memiliki handphone sebanyak 83,52% dari total penduduk Indonesia. 82 Juta pengguna Internet di Indonesia.

3.      Jelaskan pola pengguna internet di Indonesia! Bagaimana pertumbuhan tahunan pengguna internet ?
Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan Asosiasi penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia hingga akhir tahun 2013 sudah mencapai 82 juta orang. Penetrasi internet di Indonesia saat ini adalah sekitar 28 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Sekitar 90 persen di antaranya memiliki akun media social. Indonesia termasuk dalam 5 besar Negara pengguna media social dengan 65 juta facebook dan 29 juta twitter. Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai lebih dari 100 juta pada tahun 2015
Indonesia internet Users
Tahun
Persen
Tahun
Persen
1998
0,5
2007
20
1999
1
2008
25
2000
1,9
2009
30
2001
4,2
2010
42
2002
4,5
2011
55
2003
8
2012
63
2004
11,2
2013
82
2005
16
2014
107
2006
20
2015
139

4.      Dalam membangun suatu usaha atau perusahaan sangat penting adanya situs guna mendukung ketersediaan dan kecepatan informasi sampai ke publik. Jelaskan apa manfaat situs bagi suatu bisnis atau organisasi ! apa saja yang perlu saudara perlu perhatikan sat membangun situs ?
Manfaat bagi bisnis :
·         IT dapat membuat kita lebih dekat dengan konsumen
·         IT dapat membantu kita untuk menurunkan biaya
·         IT dapat membantu kita agar lebih Fleksibel
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membangun situs :
1)      Hindari dash dalam nama domain; hal tersebut membingungkan sebuat alamat situs.
2)      Kunjungi situs pesaing dan kumpulkan ide-ide berguna untuk situs anda.
3)      Membaca pada layar melelahkan mata, jadi pertahankan agar teks dapat terbaca.
4)      Daftarkan dengan direktori Internet untuk meyakinkan situs anda terpublikasi
5)      Perbarui informasi dalam situs anda secara rutin.
6)      Tentukan produk anda yang mana yang cocok untuk penjualan online.
7)      Ciptakan sebuah nama domain yang mudah dieja dan diingat.
8)      Rancang situs semenarik mungkin agar pengunjung kembali lagi. 
5.      Bisnis komersial elektronik sedang booming saat ini . jelaskan analisis saudara mengapa demikian ? bagaimana prospek pasar e-comerce di Indonesia?
Hasil riset Forester baru-baru ini tentang laporan ritel online, e-commerce mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun 28 persen pada tahun 2012. Dikombinasikan dengan fakta bahwa konsumen digital menghabiskan US$1.46 miliar. Konsumen menginginkan pengalaman belanja multichannel yang memungkinkan mereka untuk berbelanja dan menyelesaikan yang memungkinkan dalam media yang mereka inginkan. Untuk memaksimalkan dampak preferensi belanja, pebisnis online secara ritel melihat tren online dan kemudian mengimplementasikan selaras dengan system e-commerce sebagai tuntunan pasar.
Prosfek pasar e-commerce Indonesia
(USD miliar)
Keterangan
2012
2013
2014
2015
2016
Populasi
244
247
251
255
258
Pembelanja online
13
20
27
37
49

6.      Bagaimana kiat-kiat meningkatkan konsumen di dunia maya ? dalam komunikasi dengan relasi bisnis melalui e-mail, hal apa saja yang perlu kita lakukan?
Untuk meningkatkan konsumen virtual dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut :
1)      Memberikan konsumen kenyamanan dalam situs kita.
2)      Menjelaskan cara pembayaran dengan kartu kredit secara aman.
3)      Membuat perjanjian dengan konsumen atau pernyataan hak-hak untuk meningkatkan orang-orang yang berfikir bahwa merupakan hal yang aman untuk berbelanja secara online dari anda.
4)      Menerangkan secara jelas mengenai aturan anda dalam pengembalian dana.
5)      Memublikasikan prosedur complain.
6)      Memasukan alamat, telepon, dan nomor faksimili, dan sebuah kontak nama, sehingga bila diperlukan konsumen memiliki referensi lain untuk dihubungi.
7)      Meyakinkan bahwa cerita-cerita menakutkan mengenai dan peningkatan pesanan yang dipenuhi tidak akan terjadi di tempat kita. 
7.      Di dunia online dimana konsumen tidak dapat melihat atau menyentuh produk saudara, nilai merek saudaralah yang menciptakan kepercayaan diri dan mendorong konsumen untuk melakukan bisnis dengan anda. Bagaimana saudara membangun komunikasi dengan konsumen melalui merek tersebut ?
Untuk mempromosikan merek, situs web harus mempunyai alamat yang efektif, cepat diakses dan petunjuknya mudah dan harus memberi semua pengunjung nilai yang baik. Bekerja keras untuk mengidentifikasi pasar untuk merek dan menggunakan kehadiran online untuk kontribusi terhadap audiens, selalu bertujuan untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen online seakan akan tidak ada lagi metode lain, akan dapat membangun bisnis dan kesetiaan.
8.      Sebutkan kekuatan dan kelemahan penjualan internet ?
Kekuatan :
1)      Menyampaikan sejumlah besar informasi.
2)      Menyediakan sebuah jalan pada pasar yang baru.
3)      Mampu meraih timbal balik yang langsung dari konsumen.
4)      Sejumlah  “penyerang”, atau pengunjung, yang tertarik dapat diukur.
5)      Tersedia 24 jam-internet tidak pernah tidur.
Kelemahan :
1)      Penipuan menampilkan permasalahan-permasalahan bagi penjual dan pembeli.
2)      Pembelian secara online berfokus pada beberapa konsumen.
3)      Hacking dan virus merupakan sebuah ancaman yang akan selalu ada.
4)      Sangatlah tidak mungkin untuk mencari konsumen; mereka yang akan dating pada anda.
5)      Tidak setiap orang online.
9.      Kemajuan pesat di bidang teknologi informasi telah memudahkan masyarakat dunia membangun jejaring social di antara mereka. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang jenis dan pengguna jejaring social baik di Indonesia maupun mancanegara hingga tahun 2013!
Indonesia termasuk dalam 5 besar Negara pengguna media social tahun 2013 dengan 65 juta facebook dan 29 juta twitter. Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai lebih dari 100 juta pada tahun 2015. 
10.  Jelaskan apa saja yang termasuk dalam kategori cyber crime!
Category cyber crime :
·         Menyusup ke system jaringan computer orang lain tanpa izin atau tanpa otorisasi (Unauthorized Access to Computer Sistem and Service). Bertujuan mencuri informasi penting atau melakukan sabotase data penting.
·         Melakukan sabotase, merusak data, program atau system computer dengan serangan virus misalnya (Cyber Sabotage and Extortion).
·         Pelanggaran terhadap Ha katas Kekayaan Intelektual (HAKI) (Offence against Intelectual Property).
·         Pemalsuan data (Data Forgecy).
·         Menyebarkan data illegal, bohong, tidak etis, atau membocorkan rahasia Negara, pornografi (Illegal contents).
·         Melakukan aktivitas mata-mata pada pesaing (Pesaing Espionage).
·         Mengambil informasi bersifat pribadi atau rahasia seperti nomor PIN ATM (Infringements of Privacy)
11.  Untuk menanggulangi cyber crime, pemerintah memberlakukan Undang-Undang no 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. Jelaskan tujuan dan prinsip UU ITE tersebut!
Tujuan Undang-Undang ITE (Pasal 4)
1)      Mencerdasakan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia.
2)      Megembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
3)      Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan public.
4)      Membuka kesempatan seluas-luasnya kepada setiap orang untuk memajukan pemikiran dan kemampuan di bidang penggunaan dan pemanfaatan seoptimal mungkin dan bertanggung jawab .
5)      Memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengguna dan pelenggara Teknologi Informasi.
12.  Dalam undang-undang ITE tersebut , bagaimana ketentuan terkait Domain, HAKI, dan Privasi ?
·         Nama Domain didasarkan atau prinsip pendaftar pertama (pasal 23 ayat 1)
·         Penggunaan Domain tanpa hak dapat digugat (pasal 23 ayat 2)
·         Pengelola domain: pemerintah dan Masayarakat (pasal 23 ayat 3)
·         Pengelola domain asing harus diregistrasi (pasal 23 ayat 4)
·         IE merupakan kreasi intelektual yang dilindungi HAKI (Pasal 24)
·         Pengguna informasi yang bersifat pribadi harus dilakukan berdasarkan persetujuan (pasal 25)
13.  Apa saja perbuatan yang dilarang dalam undang-undang informasi dan Transaksi Elektronik tersebut ? jelaskan!
Perbuatan yang dilarang :
·         Pasal 27 (Illegal Content)
Dilarang membuat konten:
o   Perjudian
o   Melanggar kesusilaan
o   Pencemaran nama baik
o   Pemerasan dan/atau pengancaman
·         Pasal 28 (Illegal Content)
Dilarang memuat konten:
o   Berita sesat atau bohong berakibat kerugian pada konsumen
o   Kebencian dan permusuhan terhadap SARA
·         Pasal 29 (Illegal Content)
Dilarang membuat konten ancaman kekerasan dan menakuti secara pribadi (cyberstalking)
·         Pasal 30 (Illegal Access)
·         Pasal 31 (Illegal Interception)
·         Pasal 32 Gangguan terhadap (data interference)
·         Pasal 33 gangguan terhadap system elektronik (system interference)
·         Pasal 34 Penyalahgunaan alat dan perangkat (Misused of device)
·         Pasal 35 pemalsuan informasi/dokumen elektronik (computer related fraud)
·         Pasal 36 (menimbulkan kerugian)
14.  Bagaimana tren teknologi informasi di tahun tahun mendatang ? jelaskan.
Tren teknologi informasi menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia bahkan sangat mempengaruhi gaya hidup kita.
Ada 10 strategic technologies for 2013 diantaranya :
1)      Mobile Devices Battles
2)      Mobile Apps and HTML5
3)      Personal Cloud
4)      The Internet of Things
5)      Hybrid IT and Cloud Computing\
6)      Strategic Big Data
7)      Actionable Analytic
8)      Mainstream In-memory computing (IMC)
9)      Integrated Ecosystems
10)  Enterprise App Stores
Disamping kesepuluh teknologi diatas, perkembangan teknologi informasi juga terjadi pada :
1)      Penyebaran teknologi intenet wireless
2)      Perpustakaan digital (super digital libraries)
3)      Mobile robots
4)      Location-based computing
5)      Desktop 3-D Printing
6)      Webcasting Services
7)      GeoEstimator
8)      Content Aggregator
9)      PokenZoo
10)  Chat with faceless Minions
11)  Password tubuh manusia
12)  Wearable Gadget
13)  Video and Demand\
14)  smartphone
15.  Uraikan dan jelaskan apa yang saudara ketahui perihal kaleidoskop teknologi tahun 2013?
a.       Gaya hidup
Bulan Januari              : lebih dari 200 juta orang menjadi anggota linkedin, jejaing social yang focus pada karir.
Bulan Maret                : google menyebutkan lebih dari 1 miliar orang menggunakan youtube setiap bulan.
Bulan Juni                   :  Facebook menambahkan video sharing telepon pintar ke instagram.
Bulan Oktober            : Twitter mengalahkan facebook sebagai jejaring social terpopuler di kalangan remaja AS.
Bulan desember          : Wanita AS pertama yang terkena tilang karena memakai kacamata google, mengaku tidak bersalah
b.      Bisnis                           
Bulan Februari                   : lagu digital yang diunduh di gerai itunes apple mencapai 25 miliar dolar
Bulan mei                            : yahoo membeli platform blogging  tumblr seharga 1.1 miliar dolar AS.
Bulan juli                              : hakim AS memutuskan Apple telah melanggar hukum “anti-turut” pada penempatan harga s-book.
Bulan Agustus                   : CEO Microsoft Steve Bailmer menyatakan akan pension kurang dari 12 bulan lagi.
Bulan September             : Kodak mengumumkan bahwa Kodak telah keluar dari perlindungan kebangkrutan.
Bulan Nopember             : penjualan telepon pintar global mencapai 1 miliar pda tahun 2013 menurut pengamat pasar IDC.  Dan twitter membuat debut di wall street.
c.       Produk baru
Bulan februari             : Samsung galaxy note 8.0 dan video peluncuran fitur baru kacamata google.
Bulan Juni                   : tablet acer iconis W3 menggunakan windows 8
Bulan juli                     : telepon pintar nokia lumia 1020
Bulan September         : jam tangan pintar Samsung galaxy gear, apple iphone sc/ss, video game “grand theft auto v”
Bulan oktober             :Apple ipad air, ipad mini retina display dan Microsoft windows 8.1 os.
Bulan November         : jambone gelang up24 baru.
                                                                
d.      Keamanan dan privasi
Bulan Juni                   : media cetak inggris dan AS mengungkap pengawasan telepon dan internet besar-besaran oleh badan keamanan nasional AS (NSA, pada awal dari seangkatan pembocoran dokumen yang dilakukan mantan teknisi intelijen AS Edward Snowden.
Bulan Juli                    : cybercrime menyebabkan kerugian ekonomi global 100-500 miliar dollar pertahun.
Bulan Oktober            : lebih ari 500 penulis menandatangani petini untuk membatasi pengawasan oleh pemerintah.
Bulan Nopember         : google telah menerima 25.879 permintaan data di seluruh dunia ari januari hingga juni, sekitar 11000 dari AS.
Bulan Desember          : 2 juta password online yang dicuri ditemukan disebuah server di belanda.

loading...

Comments

POSTINGAN POPULER

Biodata Lengkap Ceng Zam-Zam

 Asalamualaikum,. Hallo Sazam comunity dan para sobat-sobat ku, Sekarang saya mau menulis nieh beberapa Info dan Biodata Ceng zamzam, "Lupa sama temen tuh hal biasa, tapi kalo Lupa sama Ceng zamzam Mana Bisa?" bner gak? hhe.. jangan lupa yah mampir terus ke blog ini.. ya sudahlah Ayo kita Lihat-Lihat Nieh biodata dan Info tentang Ceng Zamzam   Nama Lengkap : Ahmad Zamzam Zainal Mutaqin  Nama Panggilan : Ceng zamzam Atau Azam  Kelas : 10 berinjak ke 11  Anak ke : 1 dari 3 bersaudara Hoby : Mengaji, Olahraga, dll Cita-Cita : Dokter atau Ilmuan T,T,L : Garut,05-Desember-1995 No HP : (0......) Nama Fb : Ceng Zamzam N.twitter : @Ceng Zamzam Alamat    :Kp.Babakan sukaluyu                  Desa.suka Mukti Rt/04 Rw/04                  Kec.Cilawu,Garut-Jawa barat,Indonesia N.pesantren Ceng Zamzam : Madrasah Ashidiqiyyah Prestasi Ceng zamzam : 1.Tahun 2008    Juara I Tilawah Anak-Anak Tingkat NASIONAL Pada FASI (Festival Anak Sholeh)_Di Bekasi 2.Tahun 2009

SAKADANG PEUCANG JEUNG BUAYA

Sakadang Buhaya keur moyan di sisi walungan. Jol sakadang Peucang. “Rék naon Sakdang Peucang ka dieu? Rék maling cai, nya? Di leuweung euweuh cai. Da halodo banget.” Jawab Peucang, “Kuring mah tara nginum deui cai walungan. Komo ayeuna keur saat. Nya teu ngeunah nya loading... kiruh. Ayeuna mah nginum téh cai kalapa. Nya beresih nya ngeunah. Amis.” “Rék naon atuh kadieu?” cék Buhaya. Omong Peucang, “Tadina mah rék ngalalajoan kulit sampéan. Resep ting gareret, hérang. Komo mun katojo ku panonpoé. Euweuh baé nu kulitna alus saperti kulit sampéan. Ngan geuning bet kotor. Pinuh ku leutak.” Omong Buhaya, “Walungan saat. Kuring teu bisa teuteuleuman pikeun meresihan tonggong.” “Emh, lebar. Kulit saalus-alus jadi kotor. Kumaha mun diberesihan ku kuring” ceuk Peucang. “Nya sukur baé ari daek mah,” jawab Buhaya, “kumaha caranya?”, ceuk Buhaya keneh “Kulit tonggong sampéan dikumbah ku kuring. Tapi caina kudu anu beresih. Tuh di tengah!, ceuk Peucang “Pek atuh. G

Sistem Monitoring Dan Pengendalian Beban Daya Listrik Solar Home System (SHS) Menggunakan Mikrokontroler VIA Internet Of Things (IOT)

Pada bab ini akan dijelaskan tentang perancangan system monitoring dan pengendali beban solar home system (SHS) atau pembangkit listrik tenaga surya untuk perumahan. Fungsi dari sistem pengontrolan dan monitoring pada SHS ini yaitu untuk mempermudah pengguna dalam mengatur konsumsi daya yang digunakan sehingga pengguna dapat memaksimalkan pemakaian SHS. Blok diagram merupakan gambaran dasar dari sistem yang akan dirancang. Blok diagram ini dibuat agar mempermudah memahami cara kerja dari sistem yang telah dibuat. Gambar  1. Blok Diagram Sistem Monitoring dan Kontrol SHS     Garis yang berwarna merah merupakan system kerja dari solar home sytem, sedangkan garis yang berwarna biru merupakan alur sistem control dan monitoring SHS. Secara sederhana cara kerja dari solar home system ini adalah sebagai berikut:  1. Panel Surya Panel surya akan mengubah sinar matahari yang mengenai setiap sel surya menjadi arus dan tegangan, namun nilainya tidak konstan. Besar kecil

Bagaimana Cara Membuat CNC dengan menggunakan Arduino

Membuat CNC dengan menggunakan Arduino Proyek ini adalah tentang Bagaimana membuat mesin CNC mini dari OLD SCRAP DVD Drives menggunakan Arduino sebagai otak dari mesin CNC mini ini dan L293D Motor shield digunakan sebagai driver penggerak motor itu sendiri. Sangat menakjubkan melihat bagaimana mesin kecil ini menggambar gambar dengan sangat baik dengan akurasi yang baik. Pada dasarnya semua gambar yang ingin Anda gambar dengan mesin ini perlu dikonversi dalam file Gcode menggunakan INKSCAPE SOFTWARE. aliran Gcode ini pada arduino melalui pemrosesan program GCTRL. dan L293D Perisai motor sesuai dengan instruksi motor stepper cara memindahkan, menggabungkan dan menyinkronkan gerakan steppers berakhir dengan gambar yang bagus. Mesin ini memiliki dua sumbu X-AXIS & Y-AXIS. Sumbu X adalah merencanakan, kertas ditempatkan pada sumbu X. Sumbu Y memegang pulpen. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar ilustrasi di bawah ini!!! Untuk lebi

PRINSIP KERJA GENERATOR BESERTA KONSTRUKSI SISTEMNYA

Berikut ini merupakan pembahasan tentang generator, pengertian generator, generator arus bolak balik, generator arus searah, pengertian alternator, macam-macam generator, jenis-jenis generator, cara kerja generator listrik, cara kerja mesin genset, cara kerja generator ac, prinsip kerja generator dc, prinsip kerja generator ac. Pengertian Generator Alat-alat elektronika, seperti televisi, setrika, radio, lemari es, dan lampu memerlukan energi listrik dapat bekerja. Nah, listrik dihasilkan oleh mesin pembangkit listrik yang dinamakan generator (genset) atau dinamo. Apakah generator itu? Generator adalah mesin yang mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi listrik. Generator menghasilkan arus listrik induksi dengan cara memutar kumparan di antara celah kutub utara-selatan sebuah magnet. Jika kumparan diputar, jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan akan berubah-ubah sesuai dengan posisi kumparan terhadap magnet. Perubahan jumlah garis ga

Ebook Gratis Pengolahan Citra

PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA

MODUL 4 PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA I. TUJUAN Mahasiswa mampu menyusun filter digital dan melakukan pemfilteran pada sinyal wicara II.DASAR TEORI 2.1. Filter IIR Yang perlu diingat disini bahwa infinite inpulse response (IIR) dalam hal ini bukan berarti filter yang bekerja dari nilai negatif tak hingga sampai positif tak hingga.Pengertian sederhana untuk infinite impulse respon filter disini adalah bahwa output filtermerupakan fungsi dari kondisi input sekarang, input sebelumnya dan output di waktu sebelumnya. Konsep ini kemudian lebih kita kenal sebagai recursive filter , yang manamelibatkan proses feedback dan feed forward . Dalam bentuk persamaan beda yangmenghubungkan input dengan output dinyatakan seperti persmaaan (1) berikut ini.      …… (1) dimana: - { b k } koefisien feed forward - { a l } koefisien feed back - banyaknya (total koefisien) = M+N+1 - N ditetapkan sebagai orde filter IIR Untuk merealisasikan ke dalam sebua

CONTO DONGENG SASAKALA

Conto dongeng sasakala Di handap ieu aya sababaraha rupa conto dongeng sasakala di Bahasa sunda. Pek kuhidep klik link di handap ieu sangkan bisa maca carita dina tiap-tiap judul: 1.        Sasakala Gunung Tangkuban Parahu 2.          SasakalaSitu Bagendit 3.          Sasakala Talaga Warna 4.          Sasakala Gunung Gajah 5.        Sasakala Ratna Inten Déwata 6.          Sasakala Cika-Cika Di Cianjur 7.          Sasakala Hayam Pelung 8.          Sasakala Kuda Kosong 9.          Sasakala Béas Pandanwangi 10.      Sasakala Lembur Sabadar 11.      Sasakala Kampung Sodong 12.      Sasakala Leuwi Batok jeung Asal-Usul Cianjur 13.    Sasakala Ciguriang, 14.      Sasakala Cikalong 15.      Sasakala Gunteng, 16.      Sasakala Pasir Panglay, 17.      Sasakala Hegar Manah 18.    Sasakala Gang Laksana 19.    Sasakala Kampung Samolo 20.    Sasakala Kampung Warung Jambu 21.    Sasakala Rancagoong 22.      Sasakala Lembur Cimaja,

soal-soal beserta jawaban teknik tenaga listrik UNIKOM

SOAL SOAL  TRANSMISI: 1.   Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi, Jelaskan alasan2nya. Jawab: Beberapa alasan Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi , yaitu: a.   Bila tegangan dibuat tinggi maka arus listriknya menjadi kecil. b.   Dengan arus listrik yang kecil maka ener gi yang hilang pada kawat transmisi (energi     disipasi) juga kecil. c.    J uga dengan arus kecil cukup digunakan    kawat berpenampang relatif lebih kecil, sehingga lebih ekonomis. 2.   Sebutkan komponen utama saluran transmisi. (minimal 4 buah) Jawab:     Komponen-komponen utama : a.   Menara/tiang Transmisi b.   Isolator c.    Kawat Penghantar (Conductor) d.   Kawat Tanah (Ground wire) 3.   Sebutkan kelebihan dan kekurangan Saluran Udara (Overhead Lines) dibanding Saluran Kabel Tanah (Underground Cable). Jawab: Berdasarkan pemasangannya, saluran transmisi dibagi menjadi dua katego

Membuat WIFi Control Arduino Robot Car

Membuat Wifi Control Arduino Robot car NodeMCU ESP8266 dalam mode access point: cara termudah untuk membuat Mobil Robot yang Dikendalikan Wi-Fi dari Bluetooth Arduino Robot Car + Android App. Sebelum anda membuat robot tersebut pertama yang harus anda persipkan adalah 1.       NodeMCU ESP8266 Breakout Board 2.       Arduino UNO dan Genuin UNO 3.       Breadboard generic 4.       Driver motor 5.       Chasis robot 6.       LED 7.       Resistor 221 ohm 8.       Kabel jumper 9.       Batu baterai Dalam proyek saya Smartphone Controlled Arduino 4WD Robot Car Saya mempresentasikan mobil robot Arduino 4WD yang dikontrol smartphone atau robot Bluetooth Arduino . Kemudian saya memutuskan untuk membuat mobil robot yang dikendalikan Wi-Fi dari kamera yang dikontrol Bluetooth. Untuk tujuan ini saya hanya melepas modul Bluetooth dan menambahkan NodeMCU dengan koneksi kawat yang sama (App Andriod yang sesuai sudah dibuat). Dibawah ini ada beberapa blok diagr