Skip to main content

MEMBANGUN SISTEM KIPAS ANGIN PINTAR OTOMATIS BERBASIS ARDUINO

loading...



 PROPOSAL PENGAJUAN TUGAS BESAR
MEMBANGUN SISTEM KIPAS ANGIN PINTAR OTOMATIS BERBASIS ARDUINO

Proposal ini disusun untuk menyempurnakan salah satu matakuliah dalam menempuh pendidikan sarjana di Teknik Elektro




Di susun Oleh:
Agung Muhamad Mutaqin (13114023)

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
BANDUNG
2015
I.            LATAR BELAKANG
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini menjadikan semua orang untuk menciptakan suatu hal yang sebelumnya belum pernah ada menjadi ada. Hal tersebut dikerenakan kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan untuk mempermudah segala aktifitas yang dilakukan oleh manusia.
Untuk mempermudah segala aktifitasnya banyak saat ini sistem otomatis yang telah dan sedang dikembangkan oleh manusia. Hampir seluruh sistem di dunia segala sesuatunya dibilang otomatis.
Kipas angin adalah alat sederhana yang dapat membantu manusia untuk memberikan kesegaran ketika ada dalam keadaan gerah atau keppanasan. Untuk menghemat penggunaan daya listrik dan juga untuk mempermudah pekerjaan manusia maka diperlukanlah sebuah kipas angin pintar yang otomatis. Dengan begitu setiap orang yang ingin mendapatkan kesegaran dari kipas angin tersebut tak perlu repot-repot untuk menhidupkan dan mematikan kipas angin tersebut. Bukan hanya itu saja semua alat yang dapat digunakan manusia saat ini diharapkan tak perlu ada pengaturan manual, diharapkan semua peralatan manusia dapat mengatur dengan cara otomatis.
II.            IDENTIFIKASI MASALAH
Semakin banyaknya pekerjaan dan kebutuhan manusia yang harus kita lakukan mebuat dan memperlambat pekerjaan yang kita lakukan tidak maksimal dan juga tertinggal. Hal tersebut melatar belakangi penulis untuk mengambil judul “Membangun Sistem kipas Angin Pintar Otomatis”.
III.            RUMUSAN MASALAH
Masalah yang dapat di identifikasi dari penelitian ini adalah:
1.      Bagamana cara mebuat sistem otomatis sehingga kipas angin dapat mengetahui bahwa disekitarnya terdapat keberadaan manusia?
2.      Bagaimana dapat mengontrol besar kecilnya angin yang dihasilkan oleh kipas angin?
IV.            TUJUAN
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan alat, yaitu sebagai berikut:
1.      Dapat mebuat sistem kipas angin otomatis sehingga tidak ada pengaturan manual didalamnya.
2.      Dapat mengontrol berapa angin yang dihasilkan oleh kipas angin sesuai dengan keberadaan manusia yang berada disekitarnya.
3.      Menyetabilkan temperatur udara sesuai yang diinginkan.
V.            BATASAN MASALAH
Pada pembuatan system ini penulis meberikan batasan masalah hanya pada:
1.      Perancangan system menggunakan mikrokontroler Arduino.
2.      Menetukan besar kecilnya angin yang dihasilkan oleh kipas dalam sekian detik.
3.      Menentukan suhu pada titik normal tertentu.
VI.            KEGUNAAN PENELITIAN
Adapun kegunaan atau manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Dapat membaut kipas angin yang menyala dan mati secara otomatis.
2.      Membaut kipas angin yang memberikan hembusan angin secara otomatis.
3.      Menetukan suhu normal yang ingin dihasilkan dalam suatu ruangan tertentu.
VII.            TINJAUAN PUSTAKA
Untuk membangun sistem kipas angin pintar yang dapat mendeteksi keberadaan benda atau hal lain disekitarnya dan mengetahui berapa derajat suhu dalam ruangan diperlukan beberapa komponen pembangun yang sangat penting digunakan. Beberapa komponen tersebut adalah arduino sebagai kontroler sensor jarak untuk mendeteksi jarak, sensor suhu tentunya, dan kipas sebagai media output.
Kipas angin dipergunakan untuk menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan), pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas). Kipas angin juga ditemukan di mesin penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan.
Kipas angin secara umum dibedakan atas kipas angin tradisional antara lain kipas angin tangan dan kipas angin listrik yang digerakkan menggunakan tenaga listrik.
Perkembangan kipas angin semakin bervariasi baik dari segi ukuran, penempatan posisi, serta fungsi. Ukuran kipas angin mulai kipas angin mini (Kipas angin listrik yang dipegang tangan menggunakan energi baterai). Kipas angin digunakan juga di dalam Unit CPU komputer seperti kipas angin untuk mendinginkan processor, kartu grafis, power supply dan Cassing. Kipas angin tersebut berfungsi untuk menjaga suhu udara agar tidak melewati batas suhu yang di tetapkan. Kipas angin juga dipasang pada alas atau tatakan Laptop untuk menghantarkan udara dan membantu kipas laptop dalam mendinginkan suhu laptop tersebut.
Kipas angin dapat dikontrol kecepatan hembusan dengan 3 cara yaitu menggunakan pemutar, tali penarik serta remote control. Perputaran baling-baling kipas angin dibagi dua yaitu centrifugal (Angin mengalir searah dengan poros kipas) dan Axial (Angin mengalir secara pararel dengan poros kipas).
Dalam membangun sistem kipas angin pintar diperlukan sebuah kontroler yang dapat mengatur kipas angin tersebut bergerak. Dengan menggunakan kontroler arduino kipas angin tersebut dapat dikendalikan. Arduino adalah board elektronik yang open source dengan berbasis pada software dan hardware yang mudah digunakan serta fleksibel. Nama arduino tidak hanya digunakan untuk menamai board elektroniknya saja melainkan juga digunakan untuk menamai bahasa dan software pemrogramannya.
Selain itu untuk mendeteksi keberadaan manusia disekitarnya digunakan sensor jarak yang dapat mengatur kecepatan kipas angin dalam berputar. Dalam membangun kipas angin pintar ini sensor yang akan digunakan sejenis sensor ultrasonik dari HC-SR04.
Sensor HC-SR04 adalah sensor pengukur jarak berbasis gelombang ultrasonik. Prinsip kerja sesnsor ini mirip dengan radar ultrasonik. Gelombang ultrasonik di pancarkan kemudian di terima balik oleh receiver ultrasonik. Jarak antara waktu pancar dan waktu terima adalah representasi dari jarak objek. Sensor ini cocok untuk aplikasi elektronik yang memerlukan deteksi jarak termasuk untuk sensor pada robot.
Sensor HC-SR04 adalah versi low cost dari sensor ultrasonic PING buatan parallax. Perbedaaannya terletak pada pin yang digunakan. HC-SR04 menggunakan 4 pin sedangkan PING buatan parallax menggunakan 3 pin. Pada Sensor HC-SR04 pin trigger dan output diletakkan terpisah. Sedangkan jika menggunakan PING dari Parallax pin trigger dan output telah diset default menjadi satu jalur. Tidak ada perbedaaan signifikan dalam pengimplementasiannya. Jangkauan karak sensor lebih jauh dari PING buatan parllax, dimana jika ping buatan parllax hanya mempunyai jarak jangkauan maksimal 350 cm sedangkan sensor HC-SR04 mempunyai kisaran jangkauan maksimal 400-500cm.
Spesifikasi:
  • Jangkauan deteksi: 2cm sampai kisaran 400 -500cm 
  • Sudut deteksi terbaik adalah 15 derajat
  • Tegangan kerja 5V DC
  • Resolusi 1cm
  • Frekuensi Ultrasonik 40 kHz
  • Dapat dihubungkan langsung ke kaki mikrokontroler
Sensor suhu IC LM 35 merupkan chip IC produksi Natioanal Semiconductor yang berfungsi untuk mengetahui temperature suatu objek atau ruangan dalam bentuk besaran elektrik, atau dapat juga di definisikan sebagai komponen elektronika yang berfungsi untuk mengubah perubahan temperature yang diterima dalam perubahan besaran elektrik. Sensor suhu IC LM35 dapat mengubah perubahan temperature menjadi perubahan tegangan pada bagian outputnya. Sensor suhu IC LM35 membutuhkan sumber tegangan DC +5 volt dan konsumsi arus DC sebesar 60 µA dalam beroperasi. Bentuk fisik sensor suhu LM 35 merupakan chip IC dengan kemasan yang berfariasi.
Dari gambar diatas dapat diketahui bahwa sensor suhu IC LM35 pada dasarnya memiliki 3 pin yang berfungsi sebagai sumber supply tegangan DC +5 volt, sebagai pin output hasil penginderaan dalam bentuk perubahan tegangan DC pada Vout dan pin untuk Ground. Karakteristik Sensor suhu IC LM35 adalah : Memiliki sensitivitas suhu, dengan faktor skala linier antara tegangan dan suhu 10 mVolt/ºC, sehingga dapat dikalibrasi langsung dalam celcius. Memiliki ketepatan atau akurasi kalibrasi yaitu 0,5ºC pada suhu 25 ºC seperti terlihat pada gambar 2.2. Memiliki jangkauan maksimal operasi suhu antara -55 ºC sampai +150 ºC. Bekerja pada tegangan 4 sampai 30 volt. Memiliki arus rendah yaitu kurang dari 60 µA. Memiliki pemanasan sendiri yang rendah (low-heating) yaitu kurang dari 0,1 ºC pada udara diam. Memiliki impedansi keluaran yang rendah yaitu 0,1 W untuk beban 1 mA. Memiliki ketidaklinieran hanya sekitar ± ¼ ºC. Sensor suhu IC LM35 memiliki keakuratan tinggi dan mudah dalam perancangan jika dibandingkan dengan sensor suhu yang lain, sensor suhu LM35 juga mempunyai keluaran impedansi yang rendah dan linieritas yang tinggi sehingga dapat dengan mudah dihubungkan dengan rangkaian kontrol khusus serta tidak memerlukan seting tambahan karena output dari sensor suhu LM35 memiliki karakter yang linier dengan perubahan 10mV/°C. Sensor suhu LM35 memiliki jangkauan pengukuran -55ºC hingga +150ºC dengan akurasi ±0.5ºC.
VIII.            DESKRIPSI PEMECAHAN MASALAH
Sistem kipas angin untuk menghasilkan keluaran angin yang dihasilkan menggunakan kontroller dan pemerograman berbasis Arduino. Kelebihan sistem ini adalah setiap orang yang masuk kedalam ruangan tertentu akan secara otomatis dideteksi oleh kipas angin ini dan memberikan hembusan angin kepada orang tersebut sesuai suhu dan jangkauan jarak antara kipas angin dan orang disekitarnya.
Untuk mengetahui berapa jarak yang dihasilkan anatara orang dan kipas angin maka digunakan sensor jarak yaitu HC-SR04. Kemudian untuk mengatur suhu dalam ruangan tersebut diperlukan sensor pendeteksi suhu yaitu IC LM35. Dengan sensor-sensor tersebut diharapkan sistem ini dapat bekerja sesuai yang diharapkan. Selain itu untuk mewujudkan harapan tersebut diperlukan kontroller sebagai pengendali kipas angin ketika menyala dan
mati.




Arduino
Sensor jarak
Kipas angin
Sensor suhu
Blok Diagram Rancang Bangun Kipas Angin Pintar Otomatis
 



IX.            METODELOGI PENELITIAN
Metode yang digunakan untuk penelitian ini memiliki tahapan-tahapan sebagai berikut:
1.      Kajian Studi Literatur
Pada tahap ini dilakukan kajian-kajian terhadap literatur dan mencari reverensi di buku dan internet. Hal tersebut berguna dalam mengumpulkan data dan menggali ilmu pengetahuan yang digunakan dalam merancang system yang penulis lakukan sebagai dasar memcahkan masalah.
2.      Perancangan alat
a.       Melakukan integrasi anatar rangkaiaan sensor dan blok diagram.
b.      Mengolah dan mencari data yang dibuthkan untuk membangun sistem kipas ngain pintar otomatis.
c.       Menyusn program sesui dengan prosedur yang telah diolah sebelumnya berdasarkan data hasil sebelumnya.
3.      Pengujian Alat
Pengujian alat dilakukan untuk melihat kemampuan sistem dalam melakukan pengukuran terhadap variabel yang telah ditentukan yaitu arus dan tegangan. Selain itu, pada tahap ini juga akan dilakukan penyimpanan data yang terukur secara kontinyu untuk menghasilkan output sesuai yang diharapkan.
4.      Analisis
Analisis dilakukan untuk menganalisa kesesuaan output sistem dan menguji beberapa variabel  yang akan diterapkan dalam suatu sistem. Hasil analisa nanti akan disusun dengan ringkas dan akurat untuk menyimpulkan mengenai karakteristik sistem yang dihasilkan.
5.      Evaluasi
Tahap menunjukan kekurangan pada sistem yang telah di rancang untuk dibangun ulang dan memperbaiki kesalahan sebelumnya.
X.            TAHAP PELAKSANAAN
Berikut adalah langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam proses penelitian alat:
1.         Menetukan judul yang akan diteliti sebagai batas masalah dalam penelitian.
2.         Mengumpulkan data-data yang diperoleh dari berbagai sumber.
3.         Menguji dan menganalisa komponen dari masing-masing sensor dan modul untuk memahami karakteristik dari setiap komponen penysusun.
4.         Merancang dan membangun sistem yang penulis buat.
XI.            JADWAL PENELITIAN
No
Tahap Penelitian
Aktivitas penelitian
Waktu yang ditentukan
1
Pengumpulan Data
Mencari dan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang diperoleh
2 minggu
2
Menyiapkan alat dan bahan
Mencari dan mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan dalam merancang bangun sistem kipas angin pintar otomatis berbasis arduino
2 minggu
3
Merancang dan menganalisa setiap komponen penyusun
Merancang alat dan menganalisa komponen pada projectboard sebagai uji coba keberhasilan
1 minggu
4
Mebuat Program Arduino
Menyusun setiap prosedur yang telah dikumpulkan dalam bentuk program
2 minggu
5
Merakit setiap komponen penyusun
Menyusun dan merancang setiap komponen yang dikatakan berhasil pada tahap sebelumnya sebagai tahap akhir perakitan
2 minggu
6
Pengujian alat
Melakukan pengujian alat yang sudah dirancang bangun
1 minggu
7
Analisa
Melakukan pengamatan dan menganalisis tentang alat yang telah dibuat
2 minggu

XII.            RANCANGAN BIAYA
Berikut ini adalah rancangan biaya yang berisi komponen-komponen yang diperluka, harga, tempat pengadaan dan kegunaan komponen, berikut daftar tersebut saya lampirkan:
No
Nama barang
Jumlah Barang
Tempat pengadaan
Manpaat dan Kegunaan
Harga
1
Arduino UNO
1
Online shop
Mikrokontroller
Rp.100000
2
Sensor HC-SR04
2
Online Shop
Pendeteksi jarak
Rp50000
3
IC LM35
1
Online Shop
Pendeteksi suhu ruangan
Rp.25000
4
Baterai 9 volt
1
Online Shop
Konsumsi energi
Rp.50000
5
Driver Motor
1
Jaya Plaza
Kontroler putaran kipas
Rp.50000
6
Kipas angin
1
Online Shop
Menghasilkan angin
Rp.15000
5
Komponen pendukung
-
Jaya  Plaza
Komponen Pendukung
Rp.50000
Total
Rp.340000

XIII.            DAFTAR PUSTAKA
https://www.sparkfun.com/products/13959

dibawah ini adalah code arduino yang saya pakai




const int trig = 10;
const int echo = 11;
const int trigpin = 5;
const int echopin = 6;
const int playe=4;
const int H=2;
const int M=3;

#include <Servo.h> //Library untuk Servo
const int buzzer = 7;
Servo myservo; //Buat object 1 buah motor servo
int nilai;
void setup() {
  Serial.begin (9600); //Kecepatan komunikasi serial
  pinMode(trig, OUTPUT);
  pinMode(echo, INPUT);
  //Set pin Echo sebagai input
  pinMode(trigpin, OUTPUT);
  pinMode(echopin, INPUT);
  pinMode(buzzer, OUTPUT);
  pinMode(playe, OUTPUT);
  pinMode(H, OUTPUT);
  myservo.attach(9); //Set servo pada pin PWM 9
}

void loop() {
  int duration, jarak, posisi = 0, i;
  digitalWrite(trig, LOW);
  delayMicroseconds(2);
  digitalWrite(trig, HIGH);
  delayMicroseconds(10);
  digitalWrite(trig, LOW);
  duration = pulseIn(echo, HIGH);
  jarak = (duration / 2) / 29.1;
  if (jarak >= 1 && jarak <= 5) // Jarak (Cm) dapat anda sesuaikan

  {
    digitalWrite(H , HIGH);
    digitalWrite(M , HIGH);
    myservo.write(180);
    digitalWrite(buzzer , HIGH);
    tone(buzzer, 300, 200);
    delay(10);
 
 
  }

  else if (jarak > 5 ) { //Jika jarak lebih dari yang ditentukan
    eksternal();
    digitalWrite(H , LOW);
    digitalWrite(M , LOW);
    

  }
  delay(450); //Delay
}

void eksternal() {
   Serial.begin (115200);
  long duration1, jarak1, posisi1 = 0, i;
  digitalWrite(trigpin, LOW);
  delayMicroseconds(3);
  digitalWrite(trigpin, HIGH);
  delayMicroseconds(10);
  digitalWrite(trigpin, LOW);
  duration1 = pulseIn(echopin, HIGH);
  jarak1 = (duration1 / 2) / 29.1;
  Serial.print(jarak1);
  Serial.println(" cm");
  if (  jarak1 > 5 && jarak1 <= 20) {
    digitalWrite(buzzer , LOW);
 delay(500);
digitalWrite(playe, LOW);
    myservo.write(0);
    delay(500);
  }

  else
  { myservo.write(180);
  delay(1000);
 digitalWrite(playe, HIGH);
    delay(100);
  
}
}

loading...

Comments

POSTINGAN POPULER

Biodata Lengkap Ceng Zam-Zam

 Asalamualaikum,. Hallo Sazam comunity dan para sobat-sobat ku, Sekarang saya mau menulis nieh beberapa Info dan Biodata Ceng zamzam, "Lupa sama temen tuh hal biasa, tapi kalo Lupa sama Ceng zamzam Mana Bisa?" bner gak? hhe.. jangan lupa yah mampir terus ke blog ini.. ya sudahlah Ayo kita Lihat-Lihat Nieh biodata dan Info tentang Ceng Zamzam   Nama Lengkap : Ahmad Zamzam Zainal Mutaqin  Nama Panggilan : Ceng zamzam Atau Azam  Kelas : 10 berinjak ke 11  Anak ke : 1 dari 3 bersaudara Hoby : Mengaji, Olahraga, dll Cita-Cita : Dokter atau Ilmuan T,T,L : Garut,05-Desember-1995 No HP : (0......) Nama Fb : Ceng Zamzam N.twitter : @Ceng Zamzam Alamat    :Kp.Babakan sukaluyu                  Desa.suka Mukti Rt/04 Rw/04                  Kec.Cilawu,Garut-Jawa barat,Indonesia N.pesantren Ceng Zamzam : Madrasah Ashidiqiyyah Prestasi Ceng zamzam : 1.Tahun 2008    Juara I Tilawah Anak-Anak Tingkat NASIONAL Pada FASI (Festival Anak Sholeh)_Di Bekasi 2.Tahun 2009

SAKADANG PEUCANG JEUNG BUAYA

Sakadang Buhaya keur moyan di sisi walungan. Jol sakadang Peucang. “Rék naon Sakdang Peucang ka dieu? Rék maling cai, nya? Di leuweung euweuh cai. Da halodo banget.” Jawab Peucang, “Kuring mah tara nginum deui cai walungan. Komo ayeuna keur saat. Nya teu ngeunah nya loading... kiruh. Ayeuna mah nginum téh cai kalapa. Nya beresih nya ngeunah. Amis.” “Rék naon atuh kadieu?” cék Buhaya. Omong Peucang, “Tadina mah rék ngalalajoan kulit sampéan. Resep ting gareret, hérang. Komo mun katojo ku panonpoé. Euweuh baé nu kulitna alus saperti kulit sampéan. Ngan geuning bet kotor. Pinuh ku leutak.” Omong Buhaya, “Walungan saat. Kuring teu bisa teuteuleuman pikeun meresihan tonggong.” “Emh, lebar. Kulit saalus-alus jadi kotor. Kumaha mun diberesihan ku kuring” ceuk Peucang. “Nya sukur baé ari daek mah,” jawab Buhaya, “kumaha caranya?”, ceuk Buhaya keneh “Kulit tonggong sampéan dikumbah ku kuring. Tapi caina kudu anu beresih. Tuh di tengah!, ceuk Peucang “Pek atuh. G

Bagaimana Cara Membuat CNC dengan menggunakan Arduino

Membuat CNC dengan menggunakan Arduino Proyek ini adalah tentang Bagaimana membuat mesin CNC mini dari OLD SCRAP DVD Drives menggunakan Arduino sebagai otak dari mesin CNC mini ini dan L293D Motor shield digunakan sebagai driver penggerak motor itu sendiri. Sangat menakjubkan melihat bagaimana mesin kecil ini menggambar gambar dengan sangat baik dengan akurasi yang baik. Pada dasarnya semua gambar yang ingin Anda gambar dengan mesin ini perlu dikonversi dalam file Gcode menggunakan INKSCAPE SOFTWARE. aliran Gcode ini pada arduino melalui pemrosesan program GCTRL. dan L293D Perisai motor sesuai dengan instruksi motor stepper cara memindahkan, menggabungkan dan menyinkronkan gerakan steppers berakhir dengan gambar yang bagus. Mesin ini memiliki dua sumbu X-AXIS & Y-AXIS. Sumbu X adalah merencanakan, kertas ditempatkan pada sumbu X. Sumbu Y memegang pulpen. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar ilustrasi di bawah ini!!! Untuk lebi

PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA

MODUL 4 PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA I. TUJUAN Mahasiswa mampu menyusun filter digital dan melakukan pemfilteran pada sinyal wicara II.DASAR TEORI 2.1. Filter IIR Yang perlu diingat disini bahwa infinite inpulse response (IIR) dalam hal ini bukan berarti filter yang bekerja dari nilai negatif tak hingga sampai positif tak hingga.Pengertian sederhana untuk infinite impulse respon filter disini adalah bahwa output filtermerupakan fungsi dari kondisi input sekarang, input sebelumnya dan output di waktu sebelumnya. Konsep ini kemudian lebih kita kenal sebagai recursive filter , yang manamelibatkan proses feedback dan feed forward . Dalam bentuk persamaan beda yangmenghubungkan input dengan output dinyatakan seperti persmaaan (1) berikut ini.      …… (1) dimana: - { b k } koefisien feed forward - { a l } koefisien feed back - banyaknya (total koefisien) = M+N+1 - N ditetapkan sebagai orde filter IIR Untuk merealisasikan ke dalam sebua

Sistem Monitoring Dan Pengendalian Beban Daya Listrik Solar Home System (SHS) Menggunakan Mikrokontroler VIA Internet Of Things (IOT)

Pada bab ini akan dijelaskan tentang perancangan system monitoring dan pengendali beban solar home system (SHS) atau pembangkit listrik tenaga surya untuk perumahan. Fungsi dari sistem pengontrolan dan monitoring pada SHS ini yaitu untuk mempermudah pengguna dalam mengatur konsumsi daya yang digunakan sehingga pengguna dapat memaksimalkan pemakaian SHS. Blok diagram merupakan gambaran dasar dari sistem yang akan dirancang. Blok diagram ini dibuat agar mempermudah memahami cara kerja dari sistem yang telah dibuat. Gambar  1. Blok Diagram Sistem Monitoring dan Kontrol SHS     Garis yang berwarna merah merupakan system kerja dari solar home sytem, sedangkan garis yang berwarna biru merupakan alur sistem control dan monitoring SHS. Secara sederhana cara kerja dari solar home system ini adalah sebagai berikut:  1. Panel Surya Panel surya akan mengubah sinar matahari yang mengenai setiap sel surya menjadi arus dan tegangan, namun nilainya tidak konstan. Besar kecil

PRINSIP KERJA GENERATOR BESERTA KONSTRUKSI SISTEMNYA

Berikut ini merupakan pembahasan tentang generator, pengertian generator, generator arus bolak balik, generator arus searah, pengertian alternator, macam-macam generator, jenis-jenis generator, cara kerja generator listrik, cara kerja mesin genset, cara kerja generator ac, prinsip kerja generator dc, prinsip kerja generator ac. Pengertian Generator Alat-alat elektronika, seperti televisi, setrika, radio, lemari es, dan lampu memerlukan energi listrik dapat bekerja. Nah, listrik dihasilkan oleh mesin pembangkit listrik yang dinamakan generator (genset) atau dinamo. Apakah generator itu? Generator adalah mesin yang mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi listrik. Generator menghasilkan arus listrik induksi dengan cara memutar kumparan di antara celah kutub utara-selatan sebuah magnet. Jika kumparan diputar, jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan akan berubah-ubah sesuai dengan posisi kumparan terhadap magnet. Perubahan jumlah garis ga

Ebook Gratis Pengolahan Citra

CONTO DONGENG SASAKALA

Conto dongeng sasakala Di handap ieu aya sababaraha rupa conto dongeng sasakala di Bahasa sunda. Pek kuhidep klik link di handap ieu sangkan bisa maca carita dina tiap-tiap judul: 1.        Sasakala Gunung Tangkuban Parahu 2.          SasakalaSitu Bagendit 3.          Sasakala Talaga Warna 4.          Sasakala Gunung Gajah 5.        Sasakala Ratna Inten Déwata 6.          Sasakala Cika-Cika Di Cianjur 7.          Sasakala Hayam Pelung 8.          Sasakala Kuda Kosong 9.          Sasakala Béas Pandanwangi 10.      Sasakala Lembur Sabadar 11.      Sasakala Kampung Sodong 12.      Sasakala Leuwi Batok jeung Asal-Usul Cianjur 13.    Sasakala Ciguriang, 14.      Sasakala Cikalong 15.      Sasakala Gunteng, 16.      Sasakala Pasir Panglay, 17.      Sasakala Hegar Manah 18.    Sasakala Gang Laksana 19.    Sasakala Kampung Samolo 20.    Sasakala Kampung Warung Jambu 21.    Sasakala Rancagoong 22.      Sasakala Lembur Cimaja,

Membuat WIFi Control Arduino Robot Car

Membuat Wifi Control Arduino Robot car NodeMCU ESP8266 dalam mode access point: cara termudah untuk membuat Mobil Robot yang Dikendalikan Wi-Fi dari Bluetooth Arduino Robot Car + Android App. Sebelum anda membuat robot tersebut pertama yang harus anda persipkan adalah 1.       NodeMCU ESP8266 Breakout Board 2.       Arduino UNO dan Genuin UNO 3.       Breadboard generic 4.       Driver motor 5.       Chasis robot 6.       LED 7.       Resistor 221 ohm 8.       Kabel jumper 9.       Batu baterai Dalam proyek saya Smartphone Controlled Arduino 4WD Robot Car Saya mempresentasikan mobil robot Arduino 4WD yang dikontrol smartphone atau robot Bluetooth Arduino . Kemudian saya memutuskan untuk membuat mobil robot yang dikendalikan Wi-Fi dari kamera yang dikontrol Bluetooth. Untuk tujuan ini saya hanya melepas modul Bluetooth dan menambahkan NodeMCU dengan koneksi kawat yang sama (App Andriod yang sesuai sudah dibuat). Dibawah ini ada beberapa blok diagr

soal-soal beserta jawaban teknik tenaga listrik UNIKOM

SOAL SOAL  TRANSMISI: 1.   Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi, Jelaskan alasan2nya. Jawab: Beberapa alasan Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi , yaitu: a.   Bila tegangan dibuat tinggi maka arus listriknya menjadi kecil. b.   Dengan arus listrik yang kecil maka ener gi yang hilang pada kawat transmisi (energi     disipasi) juga kecil. c.    J uga dengan arus kecil cukup digunakan    kawat berpenampang relatif lebih kecil, sehingga lebih ekonomis. 2.   Sebutkan komponen utama saluran transmisi. (minimal 4 buah) Jawab:     Komponen-komponen utama : a.   Menara/tiang Transmisi b.   Isolator c.    Kawat Penghantar (Conductor) d.   Kawat Tanah (Ground wire) 3.   Sebutkan kelebihan dan kekurangan Saluran Udara (Overhead Lines) dibanding Saluran Kabel Tanah (Underground Cable). Jawab: Berdasarkan pemasangannya, saluran transmisi dibagi menjadi dua katego